ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BRAND MAKE OVER

HANIFA AULIA KAMIL

Informasi Dasar

22.04.3098
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia diperkirakan akan terus mengalami kenaikan sampai pada tahun 2023. Pada tahun 2017 terdapat 153 perusahaan yang bergerak dalam industri kosmetik dan hingga saat ini ini terdapat 760 perusahaan yang bergerak dalam industri kosmetik, baik itu perusahaan lokal atau asing yang masuk ke Indonesia. Pada saat ini, perusahaan menggunakan media sosial untuk menarik minat konsumen, salah satu media sosial yang digunakan adalah Instagram. Penggunaan media sosial Instagram dalam membangun kesadaran merek dapat mempermudah perusahaan dalam menjalin hubungan atau relasi dengan publik untuk menciptakan kesadaran publik mengenai perusahaan, sehingga Make Over menggunakan media sosial Instagram dalam kegiatan pemasaran untuk menarik minat beli konsumen.
Pada variabel penggunaan media sosial Instagram terdapat empat dimensi (4C) yaitu context, communication, collaboration, dan connection, sedangkan pada variabel minat beli juga memiliki empat dimensi yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, serta minat eksploratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa pengaruh parsial dimensi context, communication, collaboration, dan connection terhadap minat beli, dan pengaruh simultan variabel penggunaan media sosial Instagram terhadap minat beli.
Peneliti menerapkan metode kuantitatif dan deskriptif. Pada penelitian ini, data didapat melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert kepada 400 responden yang merupakan pengikut Instagram @makeoverid dengan rentang usia 16 hingga lebih dari 40 tahun dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling yang pada penelitian ini jumlah populasinya sudah diketahui. Waktu pelaksanaan pada penelitian ini dilakukan secara cross-sectional. Pada penelitian ini penulis menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 untuk pengujian regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah dimensi context, communication, collaboration, dan connection memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel minat beli dan variabel penggunaan media sosial Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Kontribusi variabel bebas penggunaan media sosial Instagram terhadap variabel terikat minat beli adalah sebesar 40.7%.
Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Make Over untuk mengembangkan strategi pemasaran dan mengevaluasi kegiatan pemasarannya. Penelitian ini dapat digunakan sebagai penyempurna untuk penelitian dengan variabel lainnya.


Kata Kunci: Analisis Regresi Linear Berganda, Media Sosial Instagram, Minat Beli Produk Kecantikan.

Subjek

BUSINESS MARKETING
BUSINESS MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BRAND MAKE OVER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANIFA AULIA KAMIL
Perorangan
Achmad Mashur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini