Analisis Pengaruh Return On Equity (ROE) Dan Debt Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2020)

MUHAMMAD FIRZA CHANDRA

Informasi Dasar

22.04.3113
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

           Nilai Perusahaan merupakan salah satu pedoman yang penting bagi investor untuk melakukan investasi di pasar modal, khususnya saham suatu perusahaan. Nilai atau indeks suatu perusahaan merupakan suatu cerminan pergerakan harga saham suatu perusahaan. Berinvestasi dalam bentuk saham selalu diminati oleh banyak investor, karena keuntungan dalam berinvestasi dalam bentuk saham sangat besar.

             Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen yakni Return on Equity dan Debt to Equity Ratio terhahadap variabel dependen yakni Harga saham. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan sektor pertambangan yang mempublikasikan nilai financial statement dan annual report nya dalam Indeks Saham selama periode 2017-2020.

            Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari situs web resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Model analisis dalam penelitian ini yaitu regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10.

            Bedasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan pada penelitian ini, ditemukan bahwa ROE dan DER secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Namun ROE dan DER secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.

            Bedasarkan hasil penelitian ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas dalam segala aspek untuk menimbulkan rasa percaya konsumen, dengan begitu akan meningkatkan laba bersih dari perusahaan tersebut, dan banyak investor yang mau menanamkan modal atau saham di perusahaan tersebut. Investor juga harus melakukan beberapa analisis laporan keuangan perusahaan sebelum investor tersebut melakukan investasi pada perusahaan tersebut.

Subjek

STOCK PRICES
 

Katalog

Analisis Pengaruh Return On Equity (ROE) Dan Debt Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FIRZA CHANDRA
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini