PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE BUILDING (FTTB) BERBASIS GPON (GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK) DI APARTEMEN TAMAN MELATI RANCAEKEK

ALFATANIAH NUR FAJRINA

Informasi Dasar

22.06.326
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Minat akan layanan komunikasi dan informasi yang cepat, aman dan nyaman setiap tahunnya akan terus meningkat, terlebih lagi akan kebutuhan pada daerah perkotaan. Apartemen Taman Melati Rancaekek adalah salah satu apartemen yang terletak di daerah Jawa Barat, di Jl. Hegarmanah Kab, Sumedang. Apartemen ini memiliki jumlah lantai sebanyak 16 lantai. Banyaknya masyarakat yang tinggal di apartemen ini akan mengacu pada pembangunan layanan jaringan.

Metode yang digunakan pada proyek akhir ini berupa perancangan menggunakan aplikasi GE Smallwolrd dan melakukan perhitungan power link budget, rise time budget dan bit error rate. Serta melakukan simulasi menggunakan software optisystem. Kemudian, nilai akhir yang dihasilkan akan dibandingkan antara hasil perhitungan manual, hasil pengukuran dilapangan dengan hasil simulasi menggunakan software optisystem.

Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi yang telah dilakuakn, pada lantai 1 sampai dengan lantai 16 menggunakan splitter 1:8 sebanyak 2 buah splitter, didapatkan hasil perhitungan daya terima yang memenuhi standar ITU-T G984.6yaitu daya terima tidak lebih dari -28 dBm. sehingga perancangan ini dianggap layak. Nilai rise time budget yang didapatkan pada lantai 1 sampai lantai 16 arah upstream dan downstream sebesar 0.25 ns nilai tersebut kurang dari 0.281 ns dan 0.562 ns untuk pengkodean NRZ.

Kata Kunci: FTTB, Smallworld, Power Link Budget, Rise Time Budget, BER, Optisystem

Subjek

Telecommunications-transmision lines
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE BUILDING (FTTB) BERBASIS GPON (GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK) DI APARTEMEN TAMAN MELATI RANCAEKEK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFATANIAH NUR FAJRINA
Perorangan
Tri Nopiani Damayanti, Randany Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PT2163 - SALURAN TRANSMISI
  • VTI3B3 - SISTEM KOMUNIKASI OPTIK
  • DTG2C3 - TEKNIK KOMUNIKASI SERAT OPTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini