MOTIVASI WANITA MENJADI WIRAUSAHA PERAWATAN WAJAH DAN TUBUH : IDENTIFIKASI FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL

ADINDA SUCI RAHMADANTI

Informasi Dasar

107 kali
22.04.3117
338.04092
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beberapa waktu  ini telah terjadi perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat sebagai akibat dari proses globalilasi dalam berbagai sektor. Melihat fakta-fakta tentang kehidupan ekonomi yang tidak berjalan dengan baik, kewirausahaan memiliki peranan yang sangat penting dalam segala dimensi kehidupan ini. Saat ini jumlah kewirausahaan Indonesia mencapai 3,4 persen dari jumlah penduduk. Dari banyaknya pelaku usaha di Indonesia 59,2 jutanya merupakan pelaku UMKM. Menurut data Bank Indonesia, lebih dari 60 persen UMKM di Indonesia dijalankan oleh perempuan. Data ini menunjukkan partisipasi dan peran perempuan dalam mendukung perekonomian Indonesia. Sebanyak 49% jenis usaha yang dijalankan wanita adalah usaha rumahan dan bidang usaha yang dijalankan diantaranya fashion, kuliner, ritel, dan kecantikan. Industri kecantikan dan perawatan pribadi berkembang pesat. Kementerian Perindustrian mencatat, pada tahun 2017 industri kosmetik di tanah air mencapai lebih dari 760 perusahaan, dari total tersebut, sebanyak 95% industri kosmetika nasional  merupakan sektor  industri kecil dan menengah (IKM). Pendapatan industri kecantikan Indonesia setiap tahun semakin meningkat, dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 6.46% setiap tahun (CAGR 2021-2025). Hal ini antara lain dipicu oleh perubahan gaya hidup masyarakat dan meningkatnya tren kebutuhan masyarakat terhadap produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang memotivasi wanita untuk menjadi wirausaha khususnya dalam bidang perawatan wajah dan tubuh. Populasi pada penelitian ini adalah pengusaha wanita yang bergerak dibidang perawatan tubuh dan perawatan wajah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara terstruktur yang dilakukan melalui tatap muka melalui online meeting kepada enam narasumber dengan tujuan untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini menggunakan teknik data reduction, data display, dan conclusion drawing untuk mencari faktor-faktor internal dan eksternal yang memotivasi wanita menjadi wirausaha dibidang perawatan tubuh dan wajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan eksternal yang memotivasi wanita dalam berwirausaha. Faktor internal tersebut diantaranya pendidikan, kebutuhan, dan ide. Sedangkan faktor eksternal diantaranya relasi, keluarga, dan negara.

 

Kata Kunci: Identifikasi, Motivasi, Wanita Wirausaha, Perawatan Tubuh, Perawatan Wajah.

Subjek

ENTREPRENEURS
Wirausaha,

Katalog

MOTIVASI WANITA MENJADI WIRAUSAHA PERAWATAN WAJAH DAN TUBUH : IDENTIFIKASI FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADINDA SUCI RAHMADANTI
Perorangan
Jurry Hatammimi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI591064 - ENTREPRENEURSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini