Pengenalan Hewan Purba Berbasis Augmented Reality

RICO NOFTAH ADRIANSYAH

Informasi Dasar

200 kali
22.04.3118
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Augmented Reality (AR) merupakan inovasi yang dapat menyajikan visualisasi dan animasi dari sebuah model atau desain objek yang menggabungkan dunia maya 2D maupun 3D kedalam sebuah dunia nyata. Bentuk pemanfaatan teknologi AR dalam proses belajar mengajar misalnya media pengenalan hewan bagi anak-anak. Penggunaan AR dalam proses pembelajaran efektif untuk meningkatkan daya tarik pada proses belajar karena anak-anak juga dapat berinteraksi langsung
dengan hewan yang mereka pelajari dengan sebuah gambar dideteksi menggunakan kamera dari perangkat Android secara real-time atau nyata, lalu memunculkan informasi lain secara virtual pada layar perangkat. Selain lebih interaktif dan menghibur, juga dapat meningkatkan efisiensi karena langsung dapat diaplikasikan oleh para pengguna Android secara praktis 

Oleh karena itu peneliti merancang sebuah metode pembelajaran dengan bantuan komputer berbasis multimedia yang mengarah pada pembelajaran mengenai zaman purba khususnya dalam pembelajaran mengenali hewan purba dengan benar. Hewan purba merupakan salah satu bahan ajar untuk dapat mengenali hewan yang dahulu punah. Peneliti berusaha untuk menuangkan materi ini dalam bentuk multimedia visual 3 dimensi (3D), sehingga pengguna lebih cepat mengerti mengenai asal usul hewan purba ini. Di samping itu, sistem ini juga dapat digunakan menggabungkan Augmented Reality dengan smartphone berbasis android untuk bisa memperagakan hewan purba secara rinci dan detail. dengan banyaknya pengguna smartphone saat ini , terutama dikalangan para siswa diharapkan aplikasi yang peneliti buat akan mempermudah dan menarik pengguna untuk belajar mengenali hewan hewan purba dirumah maupun disekolah

Subjek

PERANCANGAN APLIKASI
 

Katalog

Pengenalan Hewan Purba Berbasis Augmented Reality
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RICO NOFTAH ADRIANSYAH
Perorangan
Fery Prasetyanto, Yahdi Siradj
 

Penerbit

Universitas Telkom, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VEI3A3 - AUGMENTED REALITY
  • SMH2I3 - VISUALISASI DAN ANIMASI 3D

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini