Sumber daya manusia merupakan kunci penting dalam setiap perusahaan untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan. Sebagaimana korporasi berkompetisi dalam mengembangkan, menghasilkan, dan memaparkan produk atau jasa, mereka bersaing untuk mengidentifikasi, menarik dan memperkerjakan orang yang paling memenuhi syarat dan criteria yang telah ditetapkan untuk menempati suatu jabatan tertentu. Adanya kemampuan untuk mengidentifikasi dimensi kepribadian dari setiap pelamar yang datang melamar ke perusahaan akan membantu perekrut dalam melakukan proses seleksi sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pemilihan dimensi kepribadian dipilih berdasarkan kebutuhan akan pekerjaan dengan tingkat interaksi tinggi (ekstraversi) dan berdasarkan pekerjaan dengan tipe reaktif dan tangguh (neurotisisme). Untuk dapat mengidentifikasi dua dimensi kepribadian tersebut, maka model deep learning IndoBERT dipilih sebagai model yang akan diujikan untuk tugas tersebut dengan menggunakan data tekstual yang ditulis dalam media social Twitter. Subjek penelitian ini adalah 15 pengguna Twitter yang dipilih berdasarkan unggahan yang mencirikan ungkapan atau opini si pengguna, lalu data tesktual dari 15 pengguna diproses melalui model deep learning IndoBERT.
Kata kunci: SDM, Dimensi Kepribadian Ekstravesi, Dimensi Kepribadian Neurotisisme, IndoBERT.