PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PETROCHINA INTERNATIONAL JABUNG LTD)

FANNIE PURNAMA ADITYA

Informasi Dasar

22.04.3134
658.407 124
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perusahaan dapat mencerminkan kemampuan perusahaan dalam mengalokasikan dan mengelola sumber daya yang ada. Maka peningkatan kinerja setiap karyawan di perusahaan merupakan hal yang diharapkan perusahaan maupun karyawan agar tetap unggul dalam persaingan. PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) merupakan perusahaan multinasional asal China yang bergerak dalam pertambangan minyak dan gas di Indonesia.  Fenomena yang terjadi adalah penurunan kinerja perusahaan yang dilihat dari analisis laporan keuangan perusahaan, salah satu upaya yang dilakukan perusahaan yaitu mengembangkan program pelatihan karyawan untuk mencapai strategi perusahaan yang kuat berdasarkan bakat yang dimiliki karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja perusahaan pada PetroChina International Jabung Ltd. Data penelitian ini akan menjadi data rujukan dalam program peningkatan pelatihan kerja kedepannya dan masukan bagi perusahaan dalam melakukan pengelolaan sumber daya manusia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berjumlah 205 orang yang dijadikan responden. Untuk teknik pengambilan data adalah dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, dan pengumpulan data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil respon dari responden, variabel pelatihan kerja dan kinerja perusahaan berada pada kategori “Tinggi”. Penelitian menemukan bahwa kontribusi pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja perusahaan sebesar 56,1%.

Saran yang dapat diajukan mengacu pada hasil dari penelitian ini untuk PetroChina International Jabung Ltd adalah agar meningkatkan metode pelatihan yang akan diadakan selanjutnya. Melakukan optimalisasi karyawan pasca mengikuti pelatihan dengan melakukan knowledge sharing kepada rekan kerja, memberikan reward dan melakukan evaluasi secara berkala untuk menumbuhkan semangat karyawan dalam mengikuti pelatihan.

 

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Kinerja Perusahaan

 

Subjek

HUMAN CAPITAL
Human resouces management,

Katalog

PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PETROCHINA INTERNATIONAL JABUNG LTD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FANNIE PURNAMA ADITYA
Perorangan
Ratri Wahyuningtyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0C4 - MANAJEMEN BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini