UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia dengan kontribusinya terhadap PDB dan pengurangan angka pengangguran di indonesia. Perkembangan UMKM memberikan kontribusi yang baik bagi Indonesia. Salah satu harapan perusahaan termasuk UMKM yang mencerminkan sebuah pertumbuhan dan perkembangan adalah produk atau jasa yang diproduksinya dapat memasuki pasar internasional. Untuk mewujudkan harapan go international perusahaan sebaiknya memperluas jaringan dengan melakukan kemitraan bisnis dengan berbagai pihak, baik dengan pemasok, distributor bahkan dengan konsumennya di dalam negeri maupun di luar negeri. Kemitraan sangat mempengaruhi proses internasionalisasi sebuah usaha. Ada 4 jenis kemitraan bisnis internasional yaitu perjanjian distributor, lisensi, waralaba, dan joint venture. Berdasarkan hasil preliminary study, jenis kemitraan yang digunakan oleh Reffan House Textile yaitu perjanjian distributor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses internasionalisasi pada Reffan House Textile, tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kemitraan dalam proses internasionalisasi pada Reffan House Textile. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi-terstruktur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu snowball sampling dengan 4 narasumber. Salah satu alat yang digunakan dalam tahapan teknik analisis data yaitu Nvivo12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan proses internasionalisasi yang dilakukan oleh Reffan House Textile dengan menggunakan strategi aliansi terdiri atas tahap inisiasi, tahap perencanaan, tahap komitmen, tahap pengelolaan, dan tahap evaluasi. Adapun peran mitra yang dirasakan dalam proses internasionalisasinya yaitu perluasan pemasaran, peningkatan penjualan, peningkatan pengetahuan dan lain-lain. Hasil penelitian ini, diharapkan dapat membantu Reffan House Textile untuk mengevaluasi hal-hal terkait dengan proses internasionalisasi. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan referensi yang mendukung terkait topik internasionalisasi. Kata Kunci : Internasionalisasi, UMKM, Jaringan, Kemitraan, Aliansi