Pasar pariwisata halal memiliki potensi yang besar di masa depan. Melihat potensi ini, Indonesia juga turut mengambil kesempatan tersebut dengan terus mengembangkan wisata halal. Namun, walaupun mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, dalam pelaksanaan program pariwisata halal di Indonesia terdapat banyak pendapat terkait penerapannya bahkan terdapat juga pro dan kontra. Pendapat terkait pariwisata halal Indonesia ini dapat dilihat dari media sosial. Media sosial merupakan tempat dimana pengguna dapat berbagi pendapat dengan bebas, dan twitter merupakan salah satu media sosial yang menyediakan layanan untuk para penggunanya untuk berkomunisasi dan memposting pesan. Melalui berbagai pendapat masyarakat mengenai pariwisata halal Indonesia di media sosial twitter, para pemangku kepentingan di industri pariwisata dapat mengetahui topik yang dibicarakan masyarakat dan sentimen terkait adanya pariwisata halal di Indoensia. Oleh karena itu, dalam mengeksplorasi pariwisata halal di Indonesia dengan tujuan mengetahui topik yang dibicarakan dan mengetahui sentimen masyarakat Indonesia tentang pariwisata halal, penelitian ini menggunakan topic modelling dan sentiment analysis menggunakan NRC Lexicon. Data tweet yang dianalisis pada penelitian ini adalah 13.746 tweet yang dikumpulkan dari tahun 2014-2021 dan telah dibesihkan. Pemodelan topik dibentuk menjadi 7 topik dan temuan dari hasil analisis sentimen menyatakan sentimen masyarakat Indonesia positif dan percaya terhadap pariwisata halal di Indonesia. Untuk menanggapi temuan tersebut, diberikan saran kepada pelaku bisnis terutama yang termasuk sektor pariwisata untuk menerapkan halal pada produknya. Kemudian, pemerintah harus terus mendorong dan mengembangkan wisata halal menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia dan juga mengimplementasikan rantai pasok halal ke sektor lain. Kata Kunci : pariwisata halal, pemodelan topik , analisis sentimen.