ABSTRAK
Jumlah penduduk Indonesia meningkat setiap tahunnya sehingga tidak
memungkinkan tingkat produk domestik bruto (PDB) terus meningkat. Selain
meningkatnya jumlah penduduk Indonesia. Adanya pandemi covid-19 membuat
pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat salah
satunya protein yaitu daging ayam. Kuantitas ayam pedaging di Indonesia terus
meningkat dan salah distributor ayam potong pedaging adalah Dani Putra.
Perusahaan memiliki beberapa permasalahan dan salah satu yang paling penting
kualitas pelayanan. Tingkat pelayanan yang baik memberikan kepuasan bagi
pelanggan. Maka demikian, penelitian ini memiliki maksud tujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Distributor Ayam Potong Pedaging Dani
Putra. Pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling berjenis
purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 214 responden. Penelitian
yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda yang diolah
menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini bahwa tangible, reliability,
responsiveness, assurance, dan emphaty memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Distributor Ayam Potong Pedaging Dani
Putra.
Kata Kunci: dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan kualitas
pelayanan