Di era serba digital saat ini, perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap semua lini kehidupan manusia, termasuk dalam hal bisnis dan melakukan pengembangan perusahaan. Berkembangnya teknologi menciptakan sebuah budaya dan kondisi masyarakat yang berorientasi pada teknologi. Menurut David (2015), manajemen strategis adalah semua hal tentang mendapatkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Istilah ini dapat didefinisikan sebagai aktivitas apa pun yang dilakukan perusahaan dengan sangat baik dibandingkan dengan aktivitas yang dilakukan oleh pesaing perusahaan, atau sumber daya apa pun yang dimiliki perusahaan yang diinginkan pesaing. Memiliki aset tetap lebih sedikit daripada perusahaan pesaing dapat memberikan keunggulan kompetitif besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan in depth interview tentang Telkomaterial. Dalam strategi pengembangan produk perlu mempersiapkan SDM yang mumpuni agar dapat menciptakan produk yang berkualitas untuk menghadapi kondisi pasar. Selain itu dalam strategi pengembangan produk diperlukan varian produk yang lebih banyak untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.Perancangan formulasi strategi bisnis diupayakan untuk mengetahui aspek-aspek internal dan eksternal perusahaan. Dalam aspek internal perusahaan dapat dilihat apa saja yang dimiliki oleh Telkomaterial serta bagaimana kondisi yang sedang dialami saat ini.
Kata kunci: Formulasi strategi bisnis, Telekomunikasi, Digital Bisnis Strategi, Bisnis Model Canvas