Revolusi Industri Keempat telah menciptakan peluang dalam konteks sosial dan bisnis sambil menuntut kecakapan yang baru. Tuntutan ini mendorong tumbuhnya program pendidikan yang berfokus pada kompetensi digital dan literasi digital, yang diberi nama Education 4.0. Perkembangan teknologi digital juga mempengaruhi cara siswa melakukan proses belajar, mengerjakan tugas, dan menumbuhkan kreativitas. Orang-orang percaya bahwa literasi digital dan kompetensi digital akan meningkatkan cara siswa belajar, memperoleh pengetahuan dan keterampilan, dan karenanya meningkatkan kinerja akademik mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kompetensi digital terhadap kinerja akademik. Penelitian ini dilakukan di pendidikan tingkat menengah di Jakarta, Indonesia. Penelitian ini juga menyelidiki peran daya inovasi sebagai mediator antara kompetensi digital dan kinerja akademik.
Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara kompetensi digital dengan kinerja akademik secara umum. Namun, tidak banyak penelitian yang menyelidiki peran mediasi daya inovasi atau kemampuan inovasi.
Kompetensi digital dan inovasi diukur melalui indikator yang diturunkan dari karakteristik definitif kedua variabel tersebut. Pengukuran dilakukan secara kuantitatif melalui kuesioner kepada siswa sekolah menengah di Jakarta, Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa hubungan antara variabel yang dieksplorasi. Kompetensi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja akademik. Hasil ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk mendukung keputusan strategis dalam perencanaan dan penerapan teknologi digital di pendidikan menengah untuk meningkatkan kinerja akademik.
Kata kunci: kompetensi digital, inovasi, kinerja akademik, transformasi digital
?