PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERUPA GOCLUB FEATURE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA APLIKASI GOJEK DI KOTA BANDUNG

RESTI

Informasi Dasar

188 kali
22.04.3163
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi persaingan perusahaan berbasis digital semaikin ketat, saat ini perusahaan dituntut untuk dapat memberikan yang terbaik agar dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Salahnya satu cara bagi perusahaan adalah dengan menerapkan customer relationship management (CRM) yaitu dengan adanya program loyalitas pelanggan. Adanya program loyalitas yang dilakukan oleh Gojek yang di namakan GoClub memiliki banyak keunggulan, namun dari banyaknya keunggulan yang dimiliki masih banyak ditemukan keluhan mengenai GoClub. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas pengguna aplikasi Gojek di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling yang digunakan adalah non-probabiblity sampling dengan 100 responden pengguna aplikasi Gojek di Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif customer relationship management (CRM) dan loyalitas pelanggan sudah termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa customer Relationship management berupa GoClub feature memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pengguna aplikasi Gojek di Kota Bandung dengan persentase sebesar 83,9% dan sisanya 16,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata Kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan. 

Subjek

CUSTOMER RELATIONSHIPS MANAGEMENT
CUSTOMER CARE,

Katalog

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERUPA GOCLUB FEATURE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA APLIKASI GOJEK DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RESTI
Perorangan
Cut Irna Setiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Adminstrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini