PENGARUH MARKETING MIX DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OLENKA COFFEE AND DINING DI BANDA ACEH

DHANDI MUSLIZAR

Informasi Dasar

22.04.3164
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK
Banda Aceh dikenal sebagai negeri seribu warung kopi, tentunya Banda Aceh memiliki cukup banyak coffee shop dan warung kopi pinggiran yang banyak diminati oleh masyarakat setempat. Olenka Coffee and Dining merupakan coffee shop kekinian yang memiliki tema minimalis yang banyak diminati oleh muda-mudi yang ada di Banda Aceh. Pada awal pembukaannya, Olenka Coffee and Dining membukukan penjualan yang baik namun seiring berjalannya waktu dan adanya pandemi Covid-19 penjualan mengalami penurunan. Olenka Coffee and Dining menyadari bahwa di saat pandemi ini promosi yang efektif dengan menggunakan marketing mix dan electronic word of mouth dikarenakan review dari konsumen ini cukup mempengaruhi penjualan di Olenka Coffee and Dining. Marketing mix yang diterapkan di olenka mengalami beberapa permasalahan terkait promotion, price & place, yang dapat menurunkan angka penjualan di olenka. Electronic word of mouth di Olenka Coffee and Dining cukup mempengaruhi penjualan dikarenakan konsumen terkadang langsung memberikan review negatif melalui platform digital tanpa melakukan complain terlebih dahulu kepada Olenka Coffee and Dining. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di Olenka Coffee and Dining.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Teknik penentuan sampel menggunakan non probability sampling jenis accidental sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen Olenka Coffee and Dining yang pernah membeli langsung di Olenka Coffee and Dining. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini, marketing mix di Olenka Coffee and Dining termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata sebesar 77%. Electronic word of mouth di Olenka Coffee and Dining dalam kategori baik dengan persentase sebesar 74%, dan keputusan pembelian Olenka Coffee and Dining berada dalam kategori baik dalam persentase sebesar 77%. maka dari itu, dengan hasil yang peneliti dapatkan diharapkan agar Olenka Coffee and Dining lebih meningkatkan marketing mix yang dimilikinya dan juga lebih meningkatkan interaksi dengan konsumen melalui instagram, dikarenakan dengan interkasi inilah dapat meningkatkan insigt Olenka Coffee and Dining.
Kata Kunci : marketing mix, electronic word of mouth, keputusan pembelian, olenka coffee and dining

Subjek

MARKETING MIX
MARKETING,

Katalog

PENGARUH MARKETING MIX DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OLENKA COFFEE AND DINING DI BANDA ACEH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHANDI MUSLIZAR
Perorangan
Trisha Gilang Saraswati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Adminstrasi Bisnis - Pindahan
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini