Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Smart Business Map Pada D'Wan Shoes

SALWA RIZKI DESI AYUNDA SARI

Informasi Dasar

181 kali
22.04.3170
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dua tahun terakhir ini, pandemik Covid-19 melanda di banyak negara termasuk Indonesia sehingga pemerintah Indonesia menerapkan pembatasan kegiatan sosial masyarakat guna menghindari penularan kontak fisik secara langsung di muka umum. Dampak dari hal tersebut banyak sekali pihak yang dirugikan termasuk usaha bisnis kecil sehingga banyak usaha yang mulai bangkit dengan mengubah cara penjualan yaitu dengan memanfaatkan penggunaan internet. Berbeda dengan fenomena tersebut, salah satu pengusaha di kawasan Sentra Sepatu Cibaduyut yaitu D’Wan Shoes masih melakukan penjualan secara konvensional dengan menerapkan sistem Business to Business (B2B). Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah menyusun dan memetakan strategi bisnis yang baru bagi D’Wan Shoes menggunakan Smart Business Map. Metode yang digunakan pada penelitian in adalah analisis deskriftif kualitatif dengan menganalisis pada bagian Playing Field dan Market Landscape dari D’Wan Shoes.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa hasil dari kuisioner tersebut masih terdapat kekurangan yang harus dibenahi atau dievaluasi agar lebih jelas dan terstruktur dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini setelah dianalisis dan evaluasi, strategi bisnis berbasis Smart Business Map (SBM) yang ditinjau dari Playing Field dan Market Landscape bagi D’Wan Shoes yaitu melakukan riset pasar sebelum meluncurkan produk, memperluas target pasar menjadi ke seluruh Indonesia, membuat inovasi produk seperti model sepatu dan cara penjualan yaitu menyediakan jasa kustom. Jika terjadi hal-hal yang diluar kendali D’Wan Shoes seperti kebijakan pemerintah, perubahan teknologi dan perilaku konsumen, D’Wan Shoes perlu menyiapkan alternatif ide atau beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. D’Wan Shoes dapat memanfaatkan proses produksi menjadi value proposition perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor. Rencana campaign dan promosi akan dilakukan melalui media sosial dengan cara melakukan promosi berbayar dari fitur yang telah ada di beberapa aplikasi (Facebook Ads, Instagam Ads, Tiktok Ads), lalu menggunakan jasa endorsement dari influencer. Untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk D’Wan Shoes harus memiliki toko online di marketplace atau akun media sosial perusahaan.

Kata Kunci : Smart Business Map, Strategi Bisnis, Sepatu

Subjek

BUSINESS STRATEGY
BUSINESS ADMINISTRATION,

Katalog

Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Smart Business Map Pada D'Wan Shoes
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALWA RIZKI DESI AYUNDA SARI
Perorangan
Imanuddin Hasbi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Adminstrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KBI4K3 - W. ENTRE - PENGEMBANGAN BISNIS
  • KBI4X3 - W. ENTRE - STRATEGI USAHA BARU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini