Gonicraft adalah sub startup dari startup Gonigoni yang bergerak di bidang lingkungan dan kerajinan. Berawal dari masalah yang dialami Gonigoni yaitu ada beberapa sampah yang sulit didaur ulang dan memiliki nilai jual yang rendah untuk itu Gonicraft hadir untuk mengubah sampah yang memiliki nilai ekonomi yang rendah sehingga menjadi kerajinan daur ulang sampah yang selanjutnya dapat meningkatkan nilai ekonomi nya. Adapun strategi yang dilakukan Gonicraft yaitu memberdayakan masyarakat, ibu rumah tangga serta UMKM dengan menyediakan pelatihan, platform website dan platform pihak ketiga sebagai media penjualan, serta media sosial seperti Instagram sebagai media promosi, sharing dan edukasi. Pasar yang disasar oleh Gonicraft adalah Gen Z yang berusia 15-24 tahun karena merupakan generasi yang paling melek digital, disamping itu Gen Z juga merupakan generasi yang paling sadar dan peduli terhadap isu lingkungan dan sosial. Walaupun bisnis kerajinan daur ulang belum banyak disasar dan dilirik oleh pelaku bisnis atau investor nyatanya sektor ini menjadi sektor yang paling adaptif dan tangguh menghadapi pandemi covid-19. Bisnis ini diproyeksikan layak untuk dijalankan dan akan memperoleh hasil payback periode pada bulan ke 5 pada tahun awal berjalan.
Kata Kunci-daur ulang, media sosial, Gen Z, payback periode