Analisis Penerimaan Augmented Reality Pada Wardah Virtual Try On Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

JENISA LARAS GALUH SAFITRI

Informasi Dasar

22.04.3187
600
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kosmetik di Indonesia diprediksi akan berkembang setiap tahunnya hingga tahun 2026. Tren belanja online kian meningkat termasuk belanja kosmetik. Kendala dalam berbelanja kosmetik secara online adalah konsumen tidak dapat mencoba produk secara langsung. Akan tetapi ada solusi untuk itu yakni augmented reality (AR). Wardah, salah satu perusahaan kosmetik di Indonesia turut mengadopsi teknologi ini. AR masih tergolong hal baru di Indonesia, sehingga penting untuk meneliti penerimaan dari teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan pengguna Wardah Virtual Try On.  Metode dalam penelitian ini adalah metote kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan analisis kausal dengan metode SEM-PLS. Model penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan diuji kepada 100 perempuan yang pernah mencoba Wardah Virtual Try On. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, perceived enjoyment, dan attitude toward use berada pada kategori sangat baik. Sementara itu, behavioral intention to use berada dalam kategori baik. Hasil hipotesis menunjukkan  bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Kemudian, perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment berpengaruh signifikan dan positif terhadap attitude toward use, selain terdapat pengaruh signifikan dan positif attitude toward use terhadap behavioral intention to use.

Kata Kunci: augmented reality, industri kosmetik, penerimaan teknologi, virtual try on.

Subjek

TECHNOLOGY ACCEPTANCE
TECHNOLOGY,

Katalog

Analisis Penerimaan Augmented Reality Pada Wardah Virtual Try On Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JENISA LARAS GALUH SAFITRI
Perorangan
Farah Oktafani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Adminstrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini