KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MASA ERA NEW NORMAL (Studi Kasus Keluarga Gunung Kukusan Giriwono Wonogiri)

AYU SEKARNINGRUM

Informasi Dasar

22.04.3240
658.314 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keadaan new normal merupakan kondisi yang sudah ditunggu-tunggu remaja, namun orang tua tidak dapat mendukung kesenangan anak selama new normal. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan komunikasi interpersonal orang tua dan anak yang memiliki sikap menyimpang semenjak new normal (Studi Kasus Keluarga Gunung Kukusan Giriwono Wonogiri). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dimana fenomena yang diteliti merupakan kasus yang unik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (model aliran dan model interaktif) dengan teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dengan melibatkan banyak peneliti. Teori yang digunakan adalah komunikasi interpersonal Liliweri dengan kelima ciri –ciri komunikasi interpersonal yang efektif yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan. Hasil dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak selama kondisi new normal berjalan tidak optimal dikarenakan tidak tercapainya keoptimalan dalam ciri-ciri komunikasi interpersonal yang efektif dan faktor eksternal dimana orang tua terlalu mengekang anak salama kondisi new normal serta faktor internal berupa perasaan emosional remaja yang terlalu marah dan kecewa dengan keputusan orang tua selama new normal. Hal tersebut menimbulkan kenakalan remaja berupa mencuri uang orang tua, berjudi, merokok yang dilakukan secara diam-diam, dan keluyuran sampai malam hari.

Kata Kunci: komunikasi interpersonal orang tua, kenakalan remaja, new normal, studi kasus.

Subjek

INTERPERSONAL COMMUNICATION
Interpersonal relations-communication,

Katalog

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MASA ERA NEW NORMAL (Studi Kasus Keluarga Gunung Kukusan Giriwono Wonogiri)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU SEKARNINGRUM
Perorangan
Nofha Rina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII2D3 - KOMUNIKASI INTERNASIONAL
  • KII4E4 - KOMUNIKASI KELUARGA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini