Abstrak
Media sosial merupakan salah satu platform yang menyediakan banyak informasi didalamnya. Salah satu media sosial yang banyak digunakan saat ini ialah instagram. Instagram dapat digunakan oleh berbagai kalangan baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Salah satu penggunaan instagram dimanfaatkan oleh @banksampahbersinar.id, sebuah bank sampah terbaik di Indonesia yang menggunakan instagram untuk mencapai tujuannya yaitu mengedukasi lebih banyak masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang tepat, Bank Sampah Bersinar memanfaatkan penggunaan media sosial instagram sebagai media informasi dan komunikasi dengan penyajian konten yang beragam. Dalam akun instagram @banksampahbersinar.id banyak menyebarkan konten-konten positif seputar pengelolaan sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyajian konten instagram @banksampahbersinar.id berdasarkan empat pilar media sosial oleh Lon Safko dan David K Brake (2009). Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung pada media sosial instagram @banksampahbersinar.id dan wawancara dengan informan kunci dan informan ahli. Hasil penelitian mununjukan bahwa @banksampahbersinar.id sudah menerapkan empat pilar media sosial pada penyajian kontennya. Hanya saja, untuk pilar hiburan kontennya masih kurang variatif dan perlunya memaksimalkan penggunaan fitur-fitur instagram, sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan kedekatan yang terjalin dengan audiens.
Kata kunci: Konten, Instagram, Pilar Media Sosial, Pengelolaan Sampah