Dalam menciptakan interaksi yang memuaskan, diperlukan adanya pertukaran pesan percakapan yang terjadi antara pengasuh dan anak dalam membangun kesiapan anak pada program pelatihan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan percakapan pengasuh dalam membangun kesiapan anak pada program pelatihan keterampilan di Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) Lembang. Metode dan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada dua belas informan yakni enam pengasuh dan enam anak asuh peserta program pelatihan keterampilan dengan analisis data menggunakan software ATLAS.ti. Hasil menunjukan bahwa terdapat dua aspek pesan percakapan dalam membangun kesiapan pada program keterampilan diantaranya 1) Komunikasi menggunakan prinsip percakapan, menghasilkan tema interaksi dengan anak dan kerjasama dalam membangun interaksi, 2) Komunikasi dalam mengungkapkan informasi, menghasilkan tema membentuk keterbukaan. Kedua aspek tersebut memunculkan lima kategori diantaranya frekuensi bertemu, aturan dalam bertemu, strategi pendekatan interaksi, berbagi cerita, dan dukungan kepada anak. Penelitian ini dapat membantu memberikan informasi mengenai proses pertukaran pesan yang dapat dilakukan oleh pengasuh dengan anak dalam membangun kesiapan anak pada program pelatihan keterampilan.
Kata kunci: Komunikasi Antarpribadi, Pesan Percakapan, Keterbukaan, Remaja Putus Sekolah