PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT PENGUNJUNG DESA WISATA KAMPUNG PATIN RIAU

MUTIARA SALSABILA

Informasi Dasar

22.04.3273
658.515
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Pengunjung Desa Wisata Kampung Patin Riau, dalam penelitian ini terdapat fenomena bahwa masih kurangnya hasil dari promosi untuk meningkatkan minat pengunjung untuk datang ke Desa Wisata Kampung Patin Riau.

Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Teknik yang akan digunakan dalam penalitian ini adalah simple random sampling yaitu proses pengambilan sampel anggota dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan tingkat keseluruhan dalam populasi tersebut. Jumlah pasti populasi pada penelitian ini tidak dapat diketahui dengan pasti karena jumlahnya berubah-ubah. Maka Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan rumus dari Lemesshow, kemudian diperoleh sampel sebanyak 96,4 dan dibulatkan menjadi 100 responden.

            Pada penelitian ini dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil T-hitung > T-tabel (2,936 > 1,985) dan signifikansi 0.004 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bauran promosi terhadap minat pengunjung pada Desa Wisata Kampung Patin. Hasil penelitian ini selaras dengan hasil penelitian Indriastuty (2020) yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari bauran promosi terhadap minat berkunjung.

         Berdasarkan hasil penelitian mengenai "Pengaruh Bauran Promosi terhadap Minat Pengunjung Desa Wisata Kampung Patin", maka diperoleh kesimpulan, sebagai berikut: Variabel bauran promosi (X) termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa bauran promosi yang digunakan oleh pihak Desa Wisata Kampung Patin sudah efektif untuk menarik pengunjung, Variabel minat (Y) termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 84,6%. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki tingkat minat yang besar pada Desa Wisata Kampung Patin, Hasil koefisien determinasi yang ditunjukan pada hasil R square sebesar 0,113  atau 11,3%, hal ini menunjukan bahwa sebesar 11,3% kontribusi pengaruh dari variabel bauran promosi terhadap variabel minat pengunjung, sedangkan sisanya sebesar 88,7% merupakan konstribusi pengaruh dari variabel lain diluar penelitian ini.

Kata kunci: Bauran promosi, minat pengunjung, pemasaran

Subjek

PROMOSI
PROMOTION,

Katalog

PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT PENGUNJUNG DESA WISATA KAMPUNG PATIN RIAU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA SALSABILA
Perorangan
Ira Dwi Mayangsari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • SK512253 - PROMOSI PENJUALAN DAN PENJUALAN PERSONAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini