Salah satu cara menarik konsumen ialah dengan melakukan promosi iklan, sebagaimana yang dilakukan oleh Gojek Indonesia, yang merupakan perusahaan e-commerce Indonesia dengan memberikan iklan-iklan fenomenal, seperti iklan dalam salah satu produk Gojek, yaitu iklan Gosend, yang diperankan oleh musisi Indonesia, Ariel Noah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh yang diberikan oleh iklan yang berjudul “Jadi #BestSellerGosend Bareng Ariel Noah” terhadap respon khalayak, dari aspek cognitive, affective dan behavioral dalam teori Hierarchy of Effect, yang dikembangkan oleh Belch & Belch tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa deskriptif dan kausalitas. Dalam menentukan sampel, menggunakan teknik non-probability sampling yang tercatat sebanyak 400 orang responden, dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner dalam bentuk google form. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji regresi linear sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi dan juga uji hipotesis. Dalam hasil yang didapatkan, bahwa iklan “Jadi #BestSellerGosend Bareng Ariel Noah” memberikan pengaruh yang signifikan terhadap respon khalayak, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (6.397) > t table (1.966). Lalu berdasarkan hasil koefisien determinasi, tercatat sebanyak 51,9% iklan “Jadi #BestSellerGosend Bareng Ariel Noah” mempengaruhi respon khalayak, dan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Iklan, Respon Khalayak, Gosend