Pola Komunikasi Single Father Terhadap Anak Perempuan dalam Film Drama (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Pola Komunikasi Single Father dalam Film Fatherhood)

NASYIFA MAWAR SEPTIYANI

Informasi Dasar

22.04.3285
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena menjadi Single Father seringkali menjadi nilai buruk bagi orang-orang bahwa ayah tidak bisa merawat dan mendidik anak selayaknya ibu. Skripsi ini berjudul Pola Komunikasi Single Father dalam Film Drama (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Pola Komunikasi Single Father dalam Film Fatherhood). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda pola komunikasi Single Father terhadap anak perempuan dalam film Fatherhood menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori relevan, yaitu : Komunikasi Massa, Film, Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi Keluarga, Model-Model Komunikasi, Semiotika, Semiotika Ferdinand de Saussure dan Film Sebagai Realitas Masyarakat. Penelitian ini menggunakan semiotika Ferdinand de Saussure dengan menganalisis tanda-tanda yang merujuk pada pola komunikasi keluarga pada film Single Father. Semiotika Ferdinand de Saussure terdapat dua elemen didalamnya yaitu Signfier (penanda) dan Signfied (petanda). Dalam penelitian ini peneliti mengambil 10 scene yang sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada film Single Father pola komunikasi keluarga yang banyak diterapkan yaitu Authoritative (demokratis) dengan teori peran ayah yaitu Paternal Engagement dan Paternal Accessibility. Dalam pola komunikasi ini orang tua bersikap terbuka, meluangkan waktu bermain bersama anak dan responsive dengan kebutuhan anak dan memberikan semangat sebagai wujud kasih sayang.

 

Kata kunci : Film, Single Father, Pola Komunikasi, Semiotika Ferdinand de Saussure.

 

Subjek

SEMIOTICS
FILM,

Katalog

Pola Komunikasi Single Father Terhadap Anak Perempuan dalam Film Drama (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Pola Komunikasi Single Father dalam Film Fatherhood)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NASYIFA MAWAR SEPTIYANI
Perorangan
Twin Agus Pramonojati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini