PESAN MORAL DALAM FILM PENDEK KIATNAKIN BANK VERSI PLOY THE FIGHTER

NAFA AYU SYAFIRA

Informasi Dasar

22.04.3289
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini mengkaji tentang Pesan Moral yang terdapat dalam film pendek Ploy The Fighter, film ini dengan kategori film pendek drama, menjelaskan tentang seorang wanita yang beranama Ploy, mempunyai keinginan untuk menjadi atlit tinju dan berusaha untuk meraih cita-citanya tersebut, dimana pesan moral hal yang penting dalam setiap narasi cerita termasuk dalam film-film yang ditampilkan dalam layer lebar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali bagaimana tanda-tanda pesan moral yang ada pada tokoh Ploy di dalam film pendek “Ploy The Fighter”. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan data yang utama dari dialog dan adegan film pendek tersebut. Paradigma yang digunakan adalah Konstruktivis dan Pengumpulan data melalui dokumentasi memasukkan dan berupa potongan-potongan adegan yang menunjukkan adanya upaya perilaku atau nilai pesan moral.

Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis Semiotika Ferdinand de Saussure yang membagi dua unsur yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa penanda dan petanda pesan moral dalam film pendek “Ploy The Fighter” terdapat di 8 unit analisis, dengan 11 indikator pesan moral dalam kategori pesan moral Kategori Hubungan Manusia dengan Diri sendiri dan Kategori Hubungan Manusia dengan Manusia Lain dalam Lingkungan Sosial

Kata Kunci: Pesan Moral, Film Pendek Ploy The FIghter, Semiotika Ferdinand De Saussure.

Subjek

SEMIOTICS
FILM PENDEK,

Katalog

PESAN MORAL DALAM FILM PENDEK KIATNAKIN BANK VERSI PLOY THE FIGHTER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAFA AYU SYAFIRA
Perorangan
Twin Agus Pramonojati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini