Terjadinya globalisasi di bidang etika, budaya, dan moral menimbulkan tantangan dan pengaruh yang cukup mengkhawatirkan bagi orang tua dalam mengajarkan dan membentuk karakter anak. Sekolah memiliki peran yang relevan dalam mengajarkan pendidikan karakter dan pondok pesantren menjadi solusi terhadap program yang mengajarkan pendidikan Islam secara optimal. Munculnya tantangan tersebut, membuat Al Azhar ingin mengembangkan pendidikan ke ranah pondok pesantren modern. Gagasan ini menjadi tantangan baru bagi sekolah untuk menyediakan kurikulum terbaik dalam menjalankan visi misi mereka yang mengintegrasikan Al-Qur’an, adab, dan sains-teknologi. Pendidikan Islam dan pendidikan karakter menjadi tujuan utama di dalam kurikulum Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS). Kebutuhan ruang secara esensial dibutuhkan untuk mencapai nilai spiritual siswa, hal tersebut perlu diperhatikan dalam implementasi tatanan interior yang sesuai baik secara fisik maupun nonfisik yaitu nilai Islam yang ada di dalamnya. Terkadang aspek ini terlupakan dalam perancangan di dunia pendidikan. Untuk itu diperlukan sebuah proses perancangan untuk memberi kebutuhan akan proses pembelajaran secara optimal demi keberhasilan tujuan pendidikan siswa/santri Al Azhar IIBS.
Kata kunci: Perancangan interior, Arsitektur Islam, Pondok pesantren Al Azhar Tangerang