Abstrak : Saat ini semakin banyak platform digital yang berkembang, seperti salah satunya platform Tribelio. Tribelio merupakan platform yang menggabungkan fitur komunitas dan berbisnis secara bersamaan, seperti adanya fitur untuk pengelolaan data konsumen, serta fitur untuk meningkatkan penjualan. Saat peluncuran perdananya, animo khalayak sasaran cukup tinggi terhadap Tribelio terutama karena fitur-fitur yang disebutkan sebelumnya. Namun setelah peluncuran, statistik pengguna Tribelio mengalami stagnan dan tidak berkembang karena promosi yang dilakukan sebelumnya kurang tepat dalam komunikasi dan visual yang digunakan berdasarkan hasil analisis penuli. Jika masalah tersebut dibiarkan maka platform Tribelio akan sulit untuk berkembang, oleh karena itu dengan perancangan ulang strategi promosi ini maka diharapkan penyebaran promosi yang akan dibuat dapat berjalan secara lebih efektif. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan spesifik masalah serta solusi melalui penyebaran kuesioner kepada khalayak sasaran yang sudah ditentukan yaitu UMKM rumahan serta freelancer, dan kemudian melalui wawancara CEO serta analisis data perkembangan media sosial. Dari analisis tersebut penulis membuat perancangan promosi ini menggunakan strategi aktivasi merek dengan penyampaian visual melalui beragam media seperti iklan fisik, digital dan aktivasi media sosial yang diakhiri dengan acara lokakarya bisnis demi tercapainya tujuan promosi Tribelio.
Kata kunci: Bisnis, Digital, Perancangan Strategi Promosi, Platform, Tribelio, UMKM.