Akibat mewabahnya virus COVID-19 dunia pendidikan turut terimbas dalam situasi ini sehingga memunculkan skema pembelajaran jarak jauh yang hadir sebagai solusi utama demi menjaga keselamatan siswa dan pengajar. Namun disisi lain justru malah timbul masalah baru yakni pembelajaran jarak jauh yang rentan akan trial dan error akibat pudarnya batasan antara belajar dengan suasana rumah. Oleh karena itu dibutuhkan media yang dapat membantu menumbuhkan kesadaran diri terhadap peran anak dan orang tua agar tercipta sebuah kolaborasi yakni berupa penayangan animasi 2D “NARA”. Dalam animasi latar berperan penting dalam menggambarkan sebuah adegan, dimana latar akan berfokus pada sebuah tempat tinggal yang dihuni oleh seorang dosen teknik di Bandung bersama dengan kedua anaknya yakni Upik dan Dede, yang masing-masing merupakan seorang mahasiswi teknik dan juga siswa sekolah menengah atas. Tempat tinggal yang dihuni oleh manusia tentu saja menyangkut ruang personal yang dimilikinya. Oleh sebab itu maka dibutuhkan perancangan background sebagai latar tempat untuk menggambarkan kondisi ruang personal pelajar dan pengajar yang terbentuk saat kegiatan pembelajaran jarak jauh berlangsung. Background dirancang berdasarkan data yang terkumpul dari penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan studi pustaka.
Kata kunci: Background, Pembelajaran Jarak Jauh, Ruang Personal.