PERANCANGAN ULANG INTERIOR SMA PSDI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DENGAN PENDEKATAN IDENTITAS SEKOLAH PSDI

EGHA FAUZIA NATASYA

Informasi Dasar

22.04.3328
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesantren Modern atau biasa disebut Islamic Boarding School adalah lembaga pendidikan yang memberikan pengetahuan dasar dan nilai agama untuk membimbing santri menjadi pribadi muslim yang utuh baik dalam berpikir maupun berperilaku. Menerapkan sistem pendidikan formal dan pendidikan informal dalam satu lingkungan dalam lingkup pendidikannya. Sistem Pendidikan seperti itu dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas belajar siswa.

Salah satu boarding school yang menyediakan fasilitas dan kurikulum seperti di atas yaitu SMA PSDI Islamic Boarding School. SMA PSDI menampung 105 jumlah siswa, dengan menerapkan sistem belajar Boarding Day School yang mana mayoritas siswa Boarding dan sebagian siswa Fullday. Dalam perancangan interior SMA PSDI Boarding School ini menggunakan pendekatan identitas Sekolah PSDI yang mengacu pada Identitas sekolah berdasarkan budaya pendidikan, aktivitas siswa, simbol, visi misi dan kurikulum SMA PSDI Boarding School. Selain itu perancangan didasari dengan standar perancangan sekolah berasrama yang telah ditetapkan oleh kementrian pendidikan tahun 2007, studi preseden dan hasil studi banding.

Tema desain mengacu pada identitas dari SMA PSDI Boarding School yang mana sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah ini sehingga perancangan interior bertemakan Active Learning in Islamic School.  Harapan dari perancangan interior ini agar dapat menciptakan nuansa religi, dapat menciptakan energi positif secara psikologis seperti ketenangan, ketentraman dan kekhusyukan. Dalam mewujudkan pendidikan yang aktif yaitu dengan menciptakan ruang interior yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan siswa dalam berekspresi dan berpikir kreatif.

Subjek

Islamic education
INTERIOR DESIGN OF SCHOOL,

Katalog

PERANCANGAN ULANG INTERIOR SMA PSDI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DENGAN PENDEKATAN IDENTITAS SEKOLAH PSDI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EGHA FAUZIA NATASYA
Perorangan
Ully Irma Maulina Hanafiah, Niken Laksitarini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini