PERANCANGAN BARU HOTEL BISNIS DAN REPATRIASI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN DESAIN BIOPHILIC

YUNDA KUSUMADEWI

Informasi Dasar

22.04.3341
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kasus pertama pandemi covid di Indonesia muncul pada Maret 2020 . Hingga Agustus 2022 tercatat sebanyak 6,22 Juta kasus terpapar dan masih mengalami penambahan tiap harinya. Sejak adanya pandemi pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang karantina karena banyaknya WNA/WNI yang melakukan perjalanan luar negeri untuk mencegah semakin melonjaknya kasus Covid-19 .Didalam keputusan ketua satuan tugas penanganan Covid-19 nomor 9 tahun 2021 dikatakan bahwa untuk WNA dan WNI yang datang ke Indonesia dengan keperluan pribadi diharuskan menjalankan karantina mandiri di hotel repatriasi. Hotel repatriasi adalah hotel yang digunakan untuk karantina WNA dan WNI dari luar negeri ke Indonesia, namun sudah melakukan swab dan hasilnya negatif tapi tetap harus dikarantina terlebih dahulu.

Tercatat sebanyak 64 hotel bisnis yang menyediakan layananan repatriasi untuk karantina yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya. Mengingat masih berlakunya keputusan untuk repatriasi dan semakin melonjaknya PPLN serta masih kurangnya fasilitas untuk menunjang kegiatan tersebut, maka diperlukannya desain hotel baru yang disesuaikan dengan permasalahan masa pandemi ini sehingga dapat menciptakan ruang yang nyaman dan aman terutama untuk tamu karantina yang hanya melakukan aktivitas di satu ruangan. Tidak hanya kenyamanan ruang dan fasilitas saja tetapi juga kebersihan dan Kesehatan untuk menunjang aktivitas bagi pengunjung dan tamu terutama pada hotel yang menyediakan fasilitas repatriasi sehingga akan tercipta suasana yang kondusif dan tidak adanya kecemasan untuk menginap atau memakai fasilitas yang ada di hotel terutama hotel yang digunakan sebagai hotel repatriasi.

Penerapan desain biophilic diharapkan akan membantu kenyamanan tamu dalam melakukan aktivitas. Biophilic atau biophilia adalah ilmu yang mempelajari tentang keinginan manusia untuk berintegrasi dengan bentuk alam dalam kehidupan. Dipercaya dengan memasukkan unsur alam, baik langsung atau tak langsung, akan sangat berpengaruh mengurangi tekanan darah dan menurunkan tingkat detak jantung serta dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan diri.

 

Kata kunci: Hotel Bisnis & Repatriasi, Covid-19, Karantina, Biophilic

Subjek

INTERIOR DESIGN OF HOTEL
INTERIOR DESIGN,

Katalog

PERANCANGAN BARU HOTEL BISNIS DAN REPATRIASI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN DESAIN BIOPHILIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNDA KUSUMADEWI
Perorangan
Hana Faza S.R, Irwan Sudarisman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini