ANALISIS E-SERVICE QUALITY PADA APLIKASI STUDENT ADMISSION SMB TELKOM UNIVERSITY ( STUDI KASUS PADA CALON MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY TAHUN AKADEMIK 2022/2023 )

ASTRIYANI SIJABAT

Informasi Dasar

22.06.356
338.47
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Telkom University merupakan perguruan tinggi swasta terbaik dengan peringkat No.1 di Indonesia yang telah mengubah segala proses penerimaan calon mahasiswa menggunakan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Jumlah pendaftar yang terus meningkat di setiap tahun penerimaan membuat Telkom University berinovasi untuk mempermudah proses pendaftaran untuk calon mahasiswa dengan membuat sebuah aplikasi berbasis website bernama “Student Admission“ yang terhubung dari website SMB Telkom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dimensi E – Service Quality yang ada pada aplikasi Student Admission terhadap kualitas dan kepuasaan dari calon mahasiswa baru Telkom University.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif deskriptif dengan data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Pengambilan data menggunakan populasi yaitu calon mahasiswa baru dengan sampel sebanyak 100 responden. Pada penelitian Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index ( CSI ).

Hasil perhitungan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kenyataan dan harapan mendapati skor sebesar 84,14 ( Sangat Baik ) dan 87,76 ( sangat penting). Pada hasil perhitungan CSI mendapatkan hasil sebesar 80,50 yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa baru puas akan pelayanan aplikasi Student Admission. Pada metode Importance Performance Analysis menunjukan bahwa pada kuadran A ( prioritas utama ) mengenai akses website, informasi program, fitur aplikasi, validasi PIN, dan pelayanan yang diberikan perlu ditingkatkan.

Kata Kunci : SMB Telkom University, Student Admission , E – SERVQUAL , Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index.

Subjek

SERVICE QUALITY-SERVICE MARKETING
SERVICE MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS E-SERVICE QUALITY PADA APLIKASI STUDENT ADMISSION SMB TELKOM UNIVERSITY ( STUDI KASUS PADA CALON MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY TAHUN AKADEMIK 2022/2023 )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTRIYANI SIJABAT
Perorangan
Sri Widaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VPI3H4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini