INDOPHONIC: APLIKASI BELAJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE FONIK BERBASIS ANDROID

ILHAM RAMADHANI SAPUTRO

Informasi Dasar

22.06.363
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO, pandemi COVID-19 menyebabkan peningkatan jumlah anak yang mengalami kesulitan memahami keterampilan membaca dasar. Sebelumnya, jumlah anak yang kesulitan memahami bacaan dasar sebanyak 460 juta, pada 2020 jumlahnya meningkat menjadi 584 juta.

Metode fonik (phonics method) merupakan suatu teknik belajar membaca yang menekankan pada bunyi (lafal pengucapan) yang dihasilkan oleh huruf-huruf yang terdapat di dalam kata. Bunyi sebuah huruf dapat berbeda dari nama hurufnya, seperti dalam bahasa Inggris ketika bunyi huruf c (dibaca si) tidak sesuai dengan pengucapan kata cat (dibaca kat).

Metode fonik dapat menerapkan metode pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik yang mengutamakan pengalaman pembelajaran secara langsung dan menyenangkan bagi siswa. Metode ini cukup efektif karena memperhatikan tiga jenis cara belajar anak, yaitu cara belajar dengan mengingat (visual), mendengar (auditori), dan gerak serta emosi (kinestetik).

Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi belajar membaca Bahasa Indonesia menggunakan metode fonik dan berbasis android yang diberi nama Indophonic. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu orang tua dan guru dalam membimbing anak berusia 4-6 tahun dan dirancang dengan menggunakan metode fonik.

Kata Kunci : Metode Fonik, Android, Bacaan Dasar

Subjek

ANDROID
VIRTUAL COMPUTER SYSTEMS,

Katalog

INDOPHONIC: APLIKASI BELAJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE FONIK BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM RAMADHANI SAPUTRO
Perorangan
Rizza Indah Mega Mandasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VII3F4 - PROYEK TINGKAT 3

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini