Kebutuhan sistem informasi di setiap perguruan tinggi memiliki peran penting sebagai wadah dalam menyebarkan informasi kepada mahasiswa. Di Fakultas Ilmu Terapan, Telkom University terdapat unit kemahasiswaan dan layanan akademik untuk memfasilitasi kebutuhan fakultas khususnya bagi mahasiswa. Banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya tanpa dibatasi waktu dan berulang-ulang ke unit kemahasiswaan dan layanan akademik terkadang dapat menimbulkan masalah terutama dalam proses penyebaran informasi yang dibutuhkan karena staf kemahasiswaan dan staf layanan akademik hanya dapat merespon melalui Whatsapp pribadi yang hanya dilakukan pada jam kerja juga menjawab pertanyaan siswa secara manual. Proyek Akhir yang berjudul “Chatbot LA-K: Aplikasi Chatbot Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Akademik di Sekolah Ilmu Terapan” ini dirancang untuk membantu unit kemahasiswaan dan layanan akademik dalam menyediakan media atau fasilitas yang mudah diakses melalui aplikasi pesan Telegram dan dapat menjawab pertanyaan siswa tanpa dibatasi waktu dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memperoleh informasi. Pada Chatbot LA-K ini, semua data yang diakses oleh pengguna khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan akan disimpan dalam google spreadsheet untuk kebutuhan data di bidang kemahasiswaan dan administrasi akademik. Setelah Chatbot LA-K diujicobakan kepada pengguna, hasilnya menunjukkan banyak respon positif dari pengguna yakni dengan hasil pengujian UEQ mendapatkan total rata-rata sebesar 2,0683 yang berarti Chatbot LA-K berada diatas standar UEQ dengan skala terendah -3,00.
Kata kunci: Unit Kemahasiswaan, Layanan Akademik, Chatbot LA-K, Aplikasi Pesan Telegram