PERANCANGAN BOT TELEGRAM UNTUK LIST KEBUTUHAN QUALITY ENHANCEMNET (QE) DIVISI ASO (ACCESS SERVICE OPERATION) STUDI KASUS PT. TELKOM DATEL CIAMIS

PETTER ANDERSEN TARIGAN TUA

Informasi Dasar

22.06.409
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Seiring perkembangannya zaman dan berjalanya waktu Industry 4.0. PT. Telkom Indonesia Datel Ciamis terus berkembang salah satunya dalam Kebutuhan Material Teknisi. Semakin banyaknya kebutuhan Teknisi yang terus meningkat dalam list material pun jadi semakin sulit seperti material yang lupa di ingat. Bot telegram atau robot telegram merupakan sebuah akun telegram khusus yang didesain dapat merespon pesan secara otomatis, yang tidak memerlukan nomor telepon tambahan.
Google Sheets merupakan pengolahan data, mengurutkan data, serta memanipulasi data dalam bentuk tabel. Pada proyek akhir ini ditulis dan di realisasikan sebuah aplikasi yaitu bot Telegram, Tujuan dari bot list kebutuhan Quality Enhancement ini untuk mempermudahkan perusahaan dalam menggakses material yang di perlukan dan dapat meningkatkan kemajuan terhadap Telkom Datel Ciamis.
Hasil pengujian fungsional dari bot telegram memiliki tingkat keberhasilan 100%, semua fitur dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hasil pengujian performa dengan mengukur respon time dari bot didapatkan hasil rata-rata respon time keseluruhan sebanyak 1,89 detik, dan hasil pengujian subjektivitas didapatkan hasil 86,61% – 93,3% responden menilai aplikasi ini Sangat Bagus.
Kata Kunci: Telkom Ciamis, List Material Telkom, Telegram Messenger, Bot Telegram.

Subjek

Multimedia development
Multimedia - comm.systems,

Katalog

PERANCANGAN BOT TELEGRAM UNTUK LIST KEBUTUHAN QUALITY ENHANCEMNET (QE) DIVISI ASO (ACCESS SERVICE OPERATION) STUDI KASUS PT. TELKOM DATEL CIAMIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PETTER ANDERSEN TARIGAN TUA
Perorangan
Dwi Andi Nurmantris, Metha Martina Herdiani
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini