APLIKASI MOBILE UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT UMUM MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID

MIFTAHURRISKY RAMADHAN

Informasi Dasar

22.06.413
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak

Sebagian besar penyakit umum pada saat ini sering di anggap remeh dan di anggap biasa-biasa saja. Dan apabila penyakit itu tidak segera di tangani dengan cepat akan menjadi lebih parah dan lebih serius dalam hal penanganan. Sehingga kecepatan dan keefektifan dalam pelayanan dan penanganan sangat dibutuhkan terhadap penyakit yang diderita oleh pasien. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat akan adanya penyakit pada tubuh mereka sehingga dapat di tindak lanjut lebih dini. Pada tugas akhir ini dirancang sistem pakar yaitu dengan menggunakan metode Certainty Factor dalam proses perhitungan tingkat keyakinan.

Berdasarkan permasalahan diatas maka akan dibuat Sistem pakar Aplikasi menggunakan teknologi android dengan menggunakan kapasitas memori kecil dalam hal instalasi sehingga tidak memberatkan perangkat mobile device yang di gunakan.

Metode Certainty factor digunakan Ketika menghadapi suatu masalah yang jawabannya tidak pasti. Ketidakpastian ini merupakan probabilitas. Sistem pakar ini menggunakan nilai kepercayaan (MB) dan nilai ketidakpercayaan (MD) dalam mengkombinasikan beberapa evidence untuk menentukan nilai CF dari suatu hipotesis.

Dari hasil perancangan, pengujian dan analisa yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa fitur-fitur pada sistem aplikasi SiPakar dengan berbasis android dapat berjalan 100%, kemudian dengan pengujian berdasarkan parameter mean opinion score (MOS) dari 8 pertanyaan mendapatkan nilai rata-rata 4,005 dari skala 5 yang menyatakan bahwa aplikasi SiPakar sangat bermanfaat bagi masyarakat awam.

Pada aplikasi sistem pakar ini pasien dapat mengakses informasi-informasi penyakit, dan sebagai layanan konsultasi penyakit yang di derita pasien dengan metode kuisioner, pasien memilih gejala-gejala penyakit yang di derita, kemudian akan muncul diagnosis penyakit yang di derita oleh pasien dengan nilai persentase. Aplikasi ini hanya di peruntukkan oleh masyarakat yang sudah menggunakan android, pasien juga dapat melakukan konsultasi melalui aplikasi sistem pakar tersebut dari rumah tanpa kita harus berangkat ke dokter dengan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Penyakit Umum, Android, Certainty Factor

Subjek

PERANCANGAN APLIKASI
EXPERT SYSTEMS,

Katalog

APLIKASI MOBILE UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT UMUM MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTAHURRISKY RAMADHAN
Perorangan
Rohmat Tulloh, Tita Haryanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2D3 - APLIKASI MIKROKONTROLER DAN ANTARMUKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini