Klasifikasi Kelainan Jantung Berdasarkan Gambar Sinyal Elektrokardiogram Menggunakan Convolutional Neural Network

NILA FIANTANIA AISYIYAH

Informasi Dasar

22.06.423
621.38 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Penyakit jantung merupakan kondisi ketika jantung mengalami gangguan, dimana gangguan tersebut menjadi penyebab kematian utama di dunia dan penyebab kematian kedua di Indonesia. Penyakit jantung dapat dideteksi dari sinyal elektrokardiogram (EKG) yang diperoleh dengan menempelkan sensor EKG ke tubuh pasien. Pola sinyal kemudian dapat dianalisis untuk mendeteksi kelainan irama jantung atau detak jantung tidak teratur, yang juga dikenal sebagai aritmia.

 Dalam perkembangan teknologi terdapat beberapa penelitian di bidang signal processing untuk mengidentifikasi penyakit jantung secara otomatis menggunakan deeplearning. Oleh karena itu dibuat sistem klasifikasi kelainan jantung berdasarkan gambar sinyal EKG menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) satu dimensi dengan arsitektur VGG19 untuk ekstraksi fitur dan klasifikasi. Data yang digunakan jumlah 250 rekaman yang terdiri dari Normal Sinus Rhythm (NSR) 115 Rekaman, Atrial Fibrillation (AFIB) 115 rekaman, dan Atrial Flutter (AFL) 20 rekaman.

Hasil simulasi menunjukkan akurasi hingga 94% dalam mendeteksi kelainan sinyal EKG. Parameter yang digunakan untuk mengevaluasi performansi sistem yaitu akurasi, precision, recall, dan f1 score. Hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif dalam mendeteksi kelainan sinyal EKG dan dapat dipertimbangkan sebagai penunjang diagnosis oleh klinis.

Subjek

Image processing - signal processing
Image processing - computer image,

Katalog

Klasifikasi Kelainan Jantung Berdasarkan Gambar Sinyal Elektrokardiogram Menggunakan Convolutional Neural Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NILA FIANTANIA AISYIYAH
Perorangan
Sugondo Hadiyoso, Indrarini Dyah Irawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini