SISTEM PENDETEKSI KAPAL UNTUK COLLISION AVOIDANCE BERBASIS COMPUTER VISION GUNA MENDUKUNG PENELITIAN AUTONOMOUS FISH FEEDER SWARM BOAT DI LABORATORIUM INACOS UNIVERSITAS TELKOM

CHAISA FANANI CHADIJAH

Informasi Dasar

22.06.426
006.37
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Makanan merupakan elemen penting untuk pertumbuhan, dan produksi pengelolaannya menjadi salah satu tantangan utama untuk pengembangan, kelangsungan hidup, dan pemeliharaan akuakultur. Beberapa metode langsung dan tidak langsung telah dikembangkan salah satunya adalah penggunaan perangkat otomatis berupa kapal bertenaga otonom untuk mengirimkan pakan pada ikan. Namun kecelakaan mungkin saja terjadi pada kapal tak berawak. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknologi yang mampu meminimalisasi kecelakaan oleh kapal tak berawak.

Pada Jurnal Fisika yang berjudul Study on Automatic Collision Avoidance System and Method for Evaluating Collision Avoidance Manoeuvring Results, sekitar 80% tabrakan kapal dilaporkan disebabkan oleh kesalahan manusia yaitu “kurangnya kesadaran situasional”. Salah satu metode untuk mencegah tabrakan yang disebabkan oleh “kurangnya kesadaran situasional” adalah penerapan sistem yang secara konstan menangkap tingkat risiko tabrakan dengan kapal yang ditemui. Maka pada Proyek Akhir ini dibangunlah sistem pendeteksi marker pada fish feeder untuk collision avoidance berbasis computer vision sederhana.

Produk yang dihasilkan pada perancangan ini berupa sistem pendeteksi marker pada fish feeder untuk collision avoidance berteknologi computer vision. Dengan cakupan FoV kamera sebesar 56.14°. Penghindaran tabrakan terjadi ketika kamera mendeteksi keberadaan marker. Namun, pencahayaan masih menjadi faktor utama sulitnya kamera mendeteksi marker.

 

Kata kunci : Computer Vision, Detection, Collision Avoidance, OpenCV, C++

Subjek

Robot vision - computer vision
machine learning

Katalog

SISTEM PENDETEKSI KAPAL UNTUK COLLISION AVOIDANCE BERBASIS COMPUTER VISION GUNA MENDUKUNG PENELITIAN AUTONOMOUS FISH FEEDER SWARM BOAT DI LABORATORIUM INACOS UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHAISA FANANI CHADIJAH
Perorangan
Denny Darlis, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VTI2M2 - DASAR KOMUNIKASI MULTIMEDIA
  • DTH1C3 - DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini