RANCANG BANGUN SISTEM BOT TELEGRAM DALAM VALIDASI KERUSAKAN ODP STUDI KASUS TELKOM AKSES CIAMIS

ABDUL FATHUR RAHMAN PSIKUMA SYUKUR

Informasi Dasar

22.06.432
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

     Dalam perkembangan teknologi pada saat ini yang begitu pesat, tentunya juga terjadi pada proses telekomunikasi yang merupakan teknik pengiriman dan penyampaian informasi jarak jauh dari satu tempat ke tempat lainnya.
     Pada proyek akhir ini merancang sistem bot telegram dalam mengontrol dan melihat perkembangan laporan gangguan ODP, adapun fitur dari pengerjaannya yaitu melakukan lapor gangguan ODP, update lapor gangguan ODP, cek update laporan ODP, dan info kumpulan gangguan ODP. Bot telegram di hubungkan dengan server menggunakan metode webhook, menggunakan google spreadsheet sebagai database, menggunakan google my maps sebagai info kumpulan gangguan ODP dan terhubung dengan dashboard yang di rancang menggunakan google data studio. Bot telegram adalah sebuah bot atau robot yang diprogram dengan berbagai perintah untuk menjalankan instruksi yang diberikan oleh pengguna. ODP sendiri memiliki fungsi yaitu melindungi dan membagi kabel fiber optic ke beberapa pelanggan.
     Dengan adanya bot telegram ini diharapkan dapat diterapkan untuk pengontrolan ODP dari para teknisi sebagai eksekusi, admin sebagai monitoring. Hasil pengujian fungsional dari bot telegram memiliki tingkat keberhasilan 100%, semua fitur dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hasil pengujian performa dengan mengukur response time dari bot di dapatkan hasil rata-rata response time total 1,93 detik. Hasil pengujian bot telegram kompatibel untuk akses di berbagai sistem operasi, dan hasil pengujian subjektivitas untuk mendapatkan hasil 86%-83%-88% responden menilai aplikasi ini sangat baik.
Kata Kunci : Teknologi, Titik Distribusi Optik, Bot Telegram.

Subjek

INTERNET OF THINGS
INTERNET OF THINGS,

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM BOT TELEGRAM DALAM VALIDASI KERUSAKAN ODP STUDI KASUS TELKOM AKSES CIAMIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDUL FATHUR RAHMAN PSIKUMA SYUKUR
Perorangan
Dwi Andi Nurmantris, Aceng Ajid
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini