RADIO NETWORK OPTIMASI PADA JARINGAN LTE MENGGUNAKAN METODE PHYSICAL TUNING DI SITE 103443_KADUKERAS CIREBON

NAURA NAFISAH NINGRUM

Informasi Dasar

22.06.434
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada site 103443_KaduKeras Cirebon merupakan daerah sub urban dan Kawasan pemukiman yang membutuhkan kualitas layanan komunikasi seluler baik voice maupun data. Berdasarkan hasil survey awal yang telah dilakukan baik layanan voice maupun data terdapat permasalahan Low coverage dan Low Quality yang mengakibatkan rendahnya performansi jaringan LTE di wilayah kadu keras Cirebon.

Pada Proyek Akhir ini dilakukan analisa data jaringan LTE yang akan diperoleh dengan metode physical tuning yang akan ditinjau di area kadu keras Cirebon. Drive test dilakukan dengan menggunakan software Genex Probe. Pengukuran performansi jaringan LTE menggunakan software Genex Assistant. Untuk pengolahan data dan pengambilan data drive test meliputi pengukuran pada parameter RSRP (Reference Signal Received Power), SINR (Signal Interference to Noise Ratio), dan Throughput, agar memenuhi standar nilai KPI (Key Performance Indicator).

Dari hasil Drive Test tersebut dapat dilakukan optimasi performansi jaringan LTE di site 103443_KaduKeras Cirebon. Nilai persentase parameter persebaran rata-rata RSRP 98,51% menjadi 98,62% >= -100 dBm, SINR 83,54% menjadi 99,64% >= 0 dB, dan download throughput 81,54 menjadi 83,12%. Nilai satandar KPI pada operator H3I yang harus terpenuhi pada jaringan LTE yaitu parameter RSRP ? -100 dBm, parameter SINR > 0 dB, dan Throughput > 2 Mbps.

Subjek

JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Cognitive radio networks,

Katalog

RADIO NETWORK OPTIMASI PADA JARINGAN LTE MENGGUNAKAN METODE PHYSICAL TUNING DI SITE 103443_KADUKERAS CIREBON
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAURA NAFISAH NINGRUM
Perorangan
Hasanah Putri, Saprulloh Johan
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini