PENERAPAN SURICATA SNORBY BARNYARD2 SEBAGAI PENGAMAN DARI SERANGAN DISTRIBUTED DENIAL OF SERVICE (DDoS)

HASNATUL HUSNI

Informasi Dasar

22.06.437
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Seiring berkembangnya teknologi, khususnya keamanan jaringan yang semakin berkembang menuntut agar sistem keamanan untuk dapat mencegah terjadinya sebuah ancaman ataupun serangan terhadap suatu sistem. Seperti halnya berusaha mendapatkan suatu informasi seperti halnya username dan password, atau melakukan serangan serangan seperti DDoS ( Distributed Denial of Service), Nmap, HPING3 dan lainya.

Dalam proyek akhir ini dibuat sebuah sistem pencegah serangan yang dapat mengidentifikasi serangan ataupun ancaman yaitu Intrusion Prevention System (IPS). Dimana sistem ini merupakan perpaduan beberapa software yaitu suricata, snorby,  barnyard2 yang saling terintegrasi kemudian diuji dengan DDoS ( Distributed Denial of Service), Nmap, HPING3 dan lainya. IPS dapat mencegah serangan yang akan masuk ke jaringan local dengan memeriksa dan  mencatat semua paket data serta mengenali paket dengan sensor saat serangan teridentifikasi.

Adapun data yang diperoleh : serangan yang paling besar berupa SURICATA STREAM ESHTABLISHED retransmission packet before last ack mencapai 96,28%, SURICAT STREAM ESHTABLISHED SYNK resend dengan presentase 1,89% dan SURICATA STREAM ESHTABLISHED SYNK resend with different ACK dengan persentase 0,98%. Drop serangan dilakukan menggunakan tools Iptables berhasil dilakukan dengan mendrop sebanyak 543K paket yang terdeteksi sebagai serangan DDoS.

Subjek

NETWORK SECURITY
NETWORK ANALYSIS,

Katalog

PENERAPAN SURICATA SNORBY BARNYARD2 SEBAGAI PENGAMAN DARI SERANGAN DISTRIBUTED DENIAL OF SERVICE (DDoS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HASNATUL HUSNI
Perorangan
Rohmat Tulloh, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini