Identifikasi Kepribadian Big Five pada Pengguna Twitter menggunakan Metode AdaBoost

AJEUNG ANGSAWENI

Informasi Dasar

22.04.3436
006.35
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial menjadi salah satu gaya hidup di masa modern ini yang memanfaatkan teknologi berbasis web untuk berinteraksi sosial. Sebagai salah satu platform media sosial yang banyak digunakan, Twitter menjadi wadah bagi penggunanaya untuk mengekspresikan diri. Teori Big Five menyebutkan bahwa kepribadian seseorang terbagi menjadi 5 dimensi, yaitu openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism. Penelitian kepribadian dari media sosial telah banyak dilakukan dengan berbagai metode. Pada penelitian ini, penelitian identifikasi kepribadian dilakukan menggunakan metode AdaBoost dengan fitur sentimen, emosi, sosial, PCA, dan POS-tag. Terdapat dua skenario pengujian, yaitu pengujian model AdaBoost dengan semua fitur, dan pengujian model AdaBoost dengan kombinasi tiga fitur. Pada penelitian ditemukan bahwa metode pada data preprocessing dapat mempengaruhi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model AdaBoost dengan menggunakan semua fitur tanpa proses stemming mendapatkan nilai akurasi terbaik, yaitu 53,57%.

Subjek

Natural language processing
NATURAL MATERIALS,

Katalog

Identifikasi Kepribadian Big Five pada Pengguna Twitter menggunakan Metode AdaBoost
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJEUNG ANGSAWENI
Perorangan
Warih Maharani, Erwin Budi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini