Klasifikasi Kepribadian Pengguna Media Sosial Berdasarkan Jenis Pekerjaan dan Ketertarikan Terhadap Informasi

RIZKY YUDHA PRATAMA

Informasi Dasar

165 kali
22.04.3440
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial merupakan sebuah wadah yang mempermudah antar user dalam berinteraksi dan mengenal satu sama lain, karena di dalam media sosial terdapat profile, status, dan unggahan user. Oleh karena itu banyak penelitian yang memanfaatkan media sosial karena banyak informasi yang dapat digali di media sosial, salah satunya penelitian tentang klasifikasi kepribadian pengguna media sosial. Namun banyak penelitian terkait klasifikasi kepribadian pengguna media sosial yang mengalami kegagalan dikarenakan kelas target model yang terlampau banyak yang mengakibatkan rendahnya akurasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan model Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang difokuskan ke dua kelas kepribadian saja yaitu “Introvert/Extrovert” dan “Sensor/Intuitive” dengan fitur jenis pekerjaan dan ketertarikan terhadap informasi yang merupakan representasi fitur dari kelas kepribadian yang digunakan untuk mengurangi kelas target dengan metode klasifikasi Decision Tree. Hasil akurasi terbaik diperoleh sebesar 95.87% setelah melakukan klasifikasi menggunakan dua kelas kepribadian.

Subjek

Machine Learning
SOCIAL MEDIA-MASS MEDIA,

Katalog

Klasifikasi Kepribadian Pengguna Media Sosial Berdasarkan Jenis Pekerjaan dan Ketertarikan Terhadap Informasi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY YUDHA PRATAMA
Perorangan
SRI SURYANI PRASETYOWATI, YULIANT SIBARONI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • CS4333 - DATA MINING
  • CII3C3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini