Pemodelan User Experience Al-Quran Digital Sebagai Media Tahfidzul Quran Berbasis Aplikasi Mobile menggunakan Metode Task Centered System Design (TCSD)

ADINDA RAHMA KHUMAIRAH

Informasi Dasar

22.04.3455
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi di dunia dari masa ke masa terus mengalami kemajuan yang demikian pesat, berbagai macam alat di dunia kini dikonversikan menjadi sebuah alat digital yang memudahkan aktivitas kehidupan manusia. Akan tetapi, dengan perkembangan teknologi tersebut sayangnya masih belum begitu berdampak dalam ranah Tahfidz Al-Quran. Media Tahfidz Al-Quran yang saat ini masih tersedia dalam lingkup masyarakat adalah dengan mengikuti program yang belajar dibawah bimbingan seorang guru, maupun belajar bersama di suatu tempat. Berdasarkan survei yang telah dilakukan dengan melakukan wawancara menggunakan beberapa aplikasi Al-Quran digital yang tersedia dalam playstore android sebagai media untuk Tahfidz Al-Quran. Aspek usability yang belum mampu dipenuhi dalam penggunaan Al-Quran digital sebagai media Tahfidz Al-Quran adalah efisiensi (efficiency), serta kesulitan mendapatkan informasi yang diharapkan (satisfaction). Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan adanya pemodelan UX yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dalam Tahfidz Al-Quran, agar dapat membantu secara efektif dalam pengaplikasian Tahfidz Al-Quran berbentuk digital. Untuk melakukan hal tersebut, digunakannya metode Task Centered System Design (TCSD) yang digunakan untuk mengetahui kebutuhanpengguna dan kebutuhan task. Hasil model produk akan dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) agardapat memastikan bahwa model yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pengguna. Hasil dari penelitian memberikan rekomendasi desain user interface aplikasi Tahfidz Al-Quran dan memiliki peningkatan usability score sebesar 88.75 yang diharapkan dapat menjadi benchmark untuk aplikasi Tahfidz AlQuran. Oleh karena itu, metode TCSD juga dapat menaikkan nilai usability SUS terhadap perancangan aplikasi.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DESIGN
APPLICATION PROGRAMM,

Katalog

Pemodelan User Experience Al-Quran Digital Sebagai Media Tahfidzul Quran Berbasis Aplikasi Mobile menggunakan Metode Task Centered System Design (TCSD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADINDA RAHMA KHUMAIRAH
Perorangan
Mira Kania Sabariah, Verinikha Effendi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini