PENGARUH RISIKO KREDIT, KECUKUPAN MODAL DAN EFISIENSI MANAJEMEN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

ANNISA MUKTI WIDODO

Informasi Dasar

22.04.3477
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas sebuah bank dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat dalam menentukan bank yang akan mereka pilih untuk melakukan penyimpanan dana, penyaluran dana, serta kegiatan kredit. Hal ini dikarenakan anggapan masyarakat yang sering mengkaitkan tingkat profitabilitas pada kemampuan perusahaan dalam mengelola kinerja keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh NPL, CAR, dan BOPO terhadap profitabilitas perbankan umum yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan data yang berasal dari laporan tahunan perusahaan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini memperoleh sampel sebanyak 38 perusahaan dengan observasi selama lima tahun maka total keseluruhan sampel sebanyak 190 perusahaan. Analisis data yang pada penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian, NPL dan BOPO berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perbankan umum yang terdaftar di BEI sedangkan CAR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perbankan umum yang terdaftara di Bursa Efek Indonesia.

Pada  peniliti selanjutnya untuk menambahkan variabel independen dan periode penelitian supaya hubungan serta pengaruh terhadap profitabilitas perbankan dapat semakin tercermin. Bagi manajemen perbankan, perlu mengidentifikasi rasio-rasio yang mungkin dapat mempengaruhi profitabilitas perbankan untuk dapat meningkatkan profitabilitas perbankan. Bagi investor, dapat dijadikan pertimbangan sebelum menanamkan saham pada perusahaan perbankan.

Kata kunci : Efisiensi manajemen, Kecukupan modal, Profitabilitas, Risiko kredit.

 

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH RISIKO KREDIT, KECUKUPAN MODAL DAN EFISIENSI MANAJEMEN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA MUKTI WIDODO
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN
  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini