Event Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) yang diselenggarakan di
Indonesia memberikan banyak keuntungan bagi kemajuan industri pariwisata termasuk
bisnis Hotel. Namun perkembangan industri MICE di Kota Bandung masih menghadapi
kendala yaitu; masih rendahnya awareness destinasi dan promosi daerah, terbatasnya
fasilitas pendukung kegiatan MICE, dan perlunya menginformasikan potensi daerah
mengarah pada identifikasi potensi sektor yang ada di Kota upaya promosi. Kota
Bandung memiliki potensi sangat besar di bidang sektor Ekonomi kreatif. Historis Kota
Bandung dikenal dengan julukan “Bandung Kota Kreatif” dikarenakan potensi
masyarakatnya yang aktif dalam bidang industri kreatif sejak masa penjajahan hingga
masa modern saat ini. Menjadi peluang daya tarik para wisatawan hingga pelancong
bisnis, hotel sebagai gerbang pertama untuk memperkenalkan identitas suatu tempat.
Perancangan baru hotel Mercure Bandung Jl. Supratman dengan pendekatan spirit of
place, bertujuan untuk merancang hotel bisnis bintang empat yang mampu merespon
perkembangan industri MICE di kota Bandung dengan menghadirkan fasilitas yang
mengacu pada identitas “Bandung Kota Kreatif” upaya memenuhi kebutuhan pelaku
bisnis ekonomi kreatif serta melestarikan budaya asli Kota Bandung, dan memanfaatkan
potensi kualitas dan kekayaan produk kreatif Kota Bandung pada elemen desain interior
upaya menciptakan karakter budaya yang kuat, sehingga meningkatkan awareness
destinasi dan promosi Kota Bandung. Tahapan metode perancangan yaitu dengan
menentukan isu dan fenomena terkait obyek perancangan, mengumpulkan data melalui
studi literatur, observasi dan wawancara, menganalisis data dengan mengelaborasi teori
spirit of place yang dikemukakan oleh (Garnham, 1985. Cormona et al, 2003. Hijaz
Taufan, 2004) sehingga diwujudkan elemen pembentuk spirit of place dalam lingkup
interior yang maksimal, melakukan programming, tema konsep, dan output akhir gambar
kerja. Hasil perancangan mampu menciptakan desain interior hotel yang dapat merespon
perkembangan MICE dengan mengacu pada potensi identitas daerah “Bandung Kota
Kreatif”, diwujudkan dengan pengadaan fasilitas MICE yang optimal dan menciptakan
identitas interior yang berkarakter.
Kata Kunci : Desain Interior, Hotel Bisnis, Spirit of Place, Kota Bandung.