PENGARUH ASSETS GROWTH, FREE CASH FLOW, DAN LEVERAGE TERHADAP DIVIDEND POLICY (Studi Kasus Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2020)

LEILA HASNAH ROSYDAH

Informasi Dasar

22.04.3504
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen merupakan keputusan dari pemegang saham maupun manajemen perusahaan untuk membagikan dividen kepada pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen, dimana dalam penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah asset growth, free cash flow, dan leverage.
Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020 dengan jumlah 73 Perusahaan. Metode pemilihan sampel yaitu purposive sampling yang menghasilkan 10 perusahaan sektor energi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel asset growth, free cash flow, dan leverage terhadap dividend policy pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa asset growth berpengaruh negatif terhadap dividend policy, sedangkan free cash flow dan leverage tidak berpengaruh terhadap dividend policy .
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan peneliti selanjutnya untuk menggunakan proksi lain untuk pengukuran leverage maupun dividend policy atau menggunakan variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Untuk perusahaan disarankan untuk memperhatikan pengelolaan aset perusahaan sehingga pembagian dividen untuk pemegang saham bisa lebih optimal dan untuk investor melihat asset growth perusahaan dalam berinvestasi agar dapat memperoleh dividen yang lebih baik.
Kata Kunci : Asset growth, dividend policy, free cash flow, dan leverage

Subjek

ACCOUNTING
DIVIDEND POLICY, ASSETS,

Katalog

PENGARUH ASSETS GROWTH, FREE CASH FLOW, DAN LEVERAGE TERHADAP DIVIDEND POLICY (Studi Kasus Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LEILA HASNAH ROSYDAH
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari, Ruri Octari Dinata
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini