ABSTRACT OKTAVIANA BRN PANE, 2013, Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu AS Di GraPARI Telkomsel Banda (di bawah bimbingan Bapak Agus Maolana Hidayat S.E, M.Si).
Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia, dengan layanan pascabayar yang memiliki produk simPATI (prabayar), Kartu AS (prabayar), serta kartuHALO (pascabayar).Adapun fenomena yang terjadi bahwa iklan Kartu AS memiliki slogan yang menyindir provider XL karena model iklan kartu AS adalah model dari iklan XL yaitu Sule. Maka penelitian yang berjudul Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu ASdi GraPARI Banda bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian konsumen pada kartu AS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan kartu AS GraPARI Banda diambil sampel 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Dasar teori yang digunakan adalah periklanan dan keputusan pembelian dengan menggunakan alat analisis Uji Reliabilitas, Uji Validitas, Importance Performance Analysis, dan Regresi Linier Sederhana. Diketahui bahwa fungsi regresi linier sederhananya adalah Y= 16,646 + 0,564 X. Hasil analisis yang diperoleh dengan nilai R² (R square) sebesar 0,164 maka pengaruh perubahan variabel iklan televisi terhadap variabel keputusan pembelian konsumen sebesar 16,4%. Sisanya 83,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan tabel koefisien dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yaitu iklan televisi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
ABSTRACT:Telkomsel constitute operator cellular telecommunications GSM in Indonesian, with service postpaid who has a product simPATI (prepaid), Kartu AS (prepaid), as well as the kartuHALO (postpaid). As for the phenomenon who happens that the advertisement Kartu AS has a slogan who quip provider XL because models advertisement Kartu AS is the model of of advertisement XL namely Sule, The study, entitled Influence Purchasing Decisions Television Ads Against Kartu AS ProductsinGraPARIBanda aimstodetermine how much influence television advertisingon consumer purchasing decisions Kartu AS inGraPARI Telkomsel Banda. The population inthis study are allKartu AS customersGraPARIBandasampled100 peoplewiththe sampling technique using convenience sampling. Basic theory used is advertising and purchasing decisions using analytical tools Test Reliability, Validity, Importance Performance AnalysisandSimple Linear Regression. It is knownthat the simple linear regression function is Y=16.646+0.564X. Analysis results obtained with the value of R²(R square) of 0.164then the effect of changes in television advertising variable to variable consumer purchase decisionsof 16.4%. The remaining 83.6% is influenced by other factors. Based onthe coefficient tableit can be concluded that His accepted that television advertising significantly influenc epurchasing decisions.