PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, INTELLECTUAL CAPITAL, KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2018-2020)

SITI AISYAH LUBIS

Informasi Dasar

22.04.3524
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan komponen penting dalam suatu pandangan investor untuk melihat pencapaian perusahaan yang baik dan berkaitan dengan harga saham di pasar modal, dengan memaksimalkan nilai perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan menunjukan bahwa perusahaan sudah dapat memaksimalkan tujuan utamanya yaitu, dalam memperoleh tingkat keuntungan yang tinggi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019.

Pemilihan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 39 perusahaan sub sektor properti dan real estate dalam kurun waktu 3 tahun sehingga diperoleh 117 data yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9.

Hasil penelitian ini menunjukkan variabel debt to equity ratio, intellectual capital, kinerja keuangan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kinerja keuangan dengan proksi return on asset tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020.

Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah atau menggunakan variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan dan disarankan untuk meneliti di sektor atau sub sektor lain, selain dalam penelitian ini dan dapat menambah tahun penelitian.


Kata Kunci : debt to equity ratio, intellectual capital, kinerja keuangan, nilai perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, INTELLECTUAL CAPITAL, KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI AISYAH LUBIS
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Wahdan Arum Inawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI364 - ACCOUNTING ANALYSIS TOOLS
  • EAI353 - CORPORATE FINANCIAL MANAGEMENT
  • EAI1K3 - COST ACCOUNTING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini