Sunmori (Sunday Morning Ride) adalah kegiatan berkendara roda dua atau roda empat pada minggu pagi, biasanya kegiatan ini dilakukan individu tau perkelompok untuk mencari angin segar atau sebatas mencari sarapan saja. Namun belakangan ini kegiatan sunmori cukup meresahkan warga sekitar. Pasal nya kegiatan sudah mulai berubah menjadi ajang kebutkebutan dijalan maupun penggunakan knalpot bising yang berlebihan. Oleh karena itu perlu nya media informasi kepada remaja yang melakukan aktivitas sunmori ini. Media infromasi ini dapat berisikan informasi terkait etika berkendara yang baik di jalan. Maka dari itu penerapan motion graphic dalam media informasi sangat diperlukan. Dengan penggunaan motion graphic sebagai media informasi dapat mudah dipahami oleh remaja. Selain itu dalam perancangan nya ini, dalam pengumpulan data nya, perancang menggunakan metode gabungan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Dalam perancangan karya ini, perancang memilih remaja pada usia rentan 12 – 18 tahun, dimana pada usia ini, banyak nya pengendara sepeda motor yang masih melanggar aturan. Hasil akhir dari proses perancangan karya ini berupa media animasi motion graphic yang diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi tentang etika berkendara dalam sunmori.