Sejak merebaknya popularitas tiktok beberapa waktu belakangan ini, antusiasme massa menjadi kurang terkendali, dan bahkan hal ini pun berdampak kepada banyaknya remaja pada rentang usia 12-17 tahun, yang pada akhirnya dengan minimnya pengawasan dari orang tua, secara aktif mempergunakan tiktok sebagai media pembuatan konten, maupun media untuk menyaksikan konten- konten yang disajikan pada tiktok itu sendiri. Pada dasarnya variasi tayangan konten yang beragam pada tiktok, dapat membahayakan dan bahkan memberikan resiko tersendiri bagi para remaja, apabila dari orang tua tidak secara aktif memberikan arahan dan pengawasan yang cukup. Oleh karena hal tersebut maka dengan mengacu pada fenomena yang ada, penulis pun terdorong untuk membuat background untuk serial animasi 2D vertikal iklan layanan masyarakat mengenai dampak adiksi tiktok terhadap remaja usia 12-17 tahun. Background yang akan dibuat ialah memvisualisasikan suasana rumah, dan hal ini ditujukan untuk memperkuat penyampaian informasi mengenai lokasi yang pada umumnya menjadi tempat favorit bagi para remaja untuk menghabiskan waktunya dengan bermain tiktok. Metode yang diterapkan ialah secara bertahap, dimana untuk yang pertama ialah dilakukan pengumpulan data (studi pustaka, wawancara dan observasi) yang lalu setelah itu disusul dengan melakukan data analisa kualitatif. Hasil analisa data yang telah diperoleh ialah mengenai hasil survey lokasi dalam format dokumentasi foto dan mengenai pemaparan dari hasil wawancara dengan narasumber- narasumber yang terkait.
Kata Kunci: Animasi 2D vertikal, Iklan, Remaja, Tiktok