Menurut survey ICO pada tahun 2017 angka konsumsi kopi di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 8%, hal ini membuat coffee shop digandrungi pengusaha. UD Mitra Coffee Yogyakarta merupakan coffee shop yang memiliki konsep self-service sebagai brand salience namun tidak adanya brand communication membuat tidak tersampaikannya pesan kepada pelanggan. Agar konsep self-service dapat tersampaikan, perlu dirancangnya promosi sebagai brand communication untuk meningkatkan brand salience yang nantinya akan menimbulkan brand awareness kepada konsumen. Tujuan dari perancangan ini yaitu terbentuknya rancangan strategi kreatif yang dapat meningkatkan brand salience melalui media dan visual. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan model analisis AISAS. Teori yang digunakan yaitu promosi, iklan, strategi kreatif, brand salience dan awareness, pesan iklan dan teori desain komunikasi visual. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan promosi dalam bentuk ekperimental media melalui coffee tumbler.
Kata Kunci: promosi, media experimental, UD Mitra Coffee